Seputar Pertanian
BERANDA  KEBIJAKAN DAN PERATURAN      ARTIKEL    DATA DAN FAKTA    TENTANG SITUS INI 

Kadin: Perlu Terobosan Baru dalam Pembuatan Data Statistik Pertanian

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Industri Pangan Strategis Juan Permata Adoe meminta BPS agar bisa lebih luas melibatkan pelaku usaha mengolah data pertanian sebagai sektor strategis pangan masyarakat Indonesia.

 

Juan memandang, sering ada anggapan bahwa dalam pendataan statistik, data yang ditampilkan Badan Pusat Statistik sering berbeda dengan para pelaku usaha.

 

"Perlu terobosan baru dalam pembuatan data statistik. Kami harap BPS aktif melibatkan pelaku usaha. Karena kami lihat persepsi data ini ada yang berbeda. Ini masalah penyatuan data sebetulnya," kata Juan dalam Roundtable Ketahanan Pangan Nasional di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, Selasa (9/5/2017).

 

Lebih lanjut Juan menjelaskan, perbedaan ini lambat laun membuat banyak investor ragu-ragu, khususnya investor di sektor pertanian. Sehingga kebijakan pemerintah terpaksa harus berbenturan lantaran pengusaha selalu menjadi objek.

 

"Kami selalu jadi objek. Dan sebetulnya kami ingin peranan. Objek statistik seharusnya bisa dilibatkan agar data-data itu dari pasar diimbangi oleh persepsi dari pelaku usaha," kata dia.

 

Kemudian data dari Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Juan meminta juga Kadin lebih banyak dilibatkan dalam perananannya, terkait dengan kebijakan politik pertanian dan pangan.

 

"Karena pengertian pangan itu sudah jadi modernisasi dalam pengembangan pangan secara modern," pungkas Juan.

(rzy)

Sumber :Okezone.com

Selasa, 9 Mei 2017