Seputar Pertanian
BERANDA  KEBIJAKAN DAN PERATURAN      ARTIKEL    DATA DAN FAKTA    TENTANG SITUS INI 

Swasembada Bawang Putih, Kementan Ungkap Butuh 100.000 Hektar Lahan

Merdeka.com - Kementerian Pertanian mengatakan, untuk Indonesia swasembada bawang putih, cukup dibutuhkan lahan 100.000 hektar. Saat ini, pemerintah tengah mengusahakan agar Indonesia bisa swasembada.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Spudnik Sujono, mengakui sesungguhnya tidaklah sulit agar Indonesia swasembada bawang putih.

"Kalau bawang (putih) cuma 100.000 hektar, selesai (swasembada). Tapi maaf kami tidak boleh takabur," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Sabtu (13/5).

Besaran lahan dibutuhkan untuk swasembada bawang putih diakui berbeda dengan komoditas pangan lain yang masuk kategori pokok. Dia mencontohkan untuk swasembada pagi dibutuhkan 15 juta sampai 16 juta lahan.

"Jagung, yang kita tidak impor, (lahan dibutuhkan) 6 juta sampai 7 juta hektar. Dua ini (padi dan jagung) kurang lebih 20 juta hektar. Kalau bawang cuma 100.000 hektar," tuturnya.

Dia menambahkan bahwa pihaknya saat ini terus mengusahakan swasembada bawang putih. Tujuannya tak lain agar tidak lagi bergantung pada impor dan kasus mahalnya harga akibat kekurangan pasokan.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan kebutuhan bawang putih di Tanah Air selama satu tahun sekitar 400.000 sampai 480.000 ton. Dia mengakui selama ini impor bawang tidak diatur dan bebas masuk berapapun ke Indonesia.

 

[bim]

Sabtu, 13 Mei 2017

Reporter : Anggun P. Situmorang